Tugas workshop kali ini: buat case handphone! Di bulan February ini, Nantya.com bikin February Crochet Workshop lagi bareng dengan 5 siswa SMK Itaco di tanggal mid February 2016. Seru banget karena siswa SMK Itaco sudah 2x ikutan workshop crochet. Setelah di pertemuan sebelumnya kita belajar 4 metode dasar stitch, workshop kali ini memperdalam satu jenis tusukan dasar stitch saja yaitu single crochet, yang dalam buku-buku pola ada yang menyebutnya sebagai sc atau kalau yang pakai buku pola jepang, cari saja yang dalam gambar pola mempergunakan lambang x.

Kali ini, workshop crochet yang dilakukan tidak menggunakan pola dari buku, tapi menggunakan pola yang digambar sendiri. Tugas yang diberikan adalah membuat casing untuk handphone. Seru ya? Iya, apalagi ternyata 2 dari siswa SMK Itaco ternyata membawa tablet phone [yang artinya ukuranya 2-3 kali dari hanphone biasa].

Pola yang coba dibuat oleh siswa SMK Itaco. Pembuatan polanya sebenarnya cukup mudah, gunakan kertas putih, trace lebar handphone, kemudian buat single chain dan ukur selebar handphone. Kemudian catat berapa chain yang dibutuhkan di kertas. Setelah itu gunakan metode single chain [sc] untuk membuat casing.

Nantya Workshop February

Menggambar Pola

Nantya Workshop February

Mencoba membuat case handphone masing-masing

Hasilnya? Walau memakan waktu cukup lama, akhirnya semua berhasil menyelesaikan project workshop hari itu. Kunci utama dalam pembuatannya adalah, melakukan perhitungan yang teliti dan sama untuk kedua bidang case handphone yang akan dibuat. Beberapa siswa ada yang sudah melakukannya dengan menghitung benar dan ada juga yang belum. Tapi secara overall bisa dibilang hasil yang ada cukup baik untuk mereka yang baru kali ke 2 merajut.

Nantya Workshop February

3 anak membuat case tema burung, dan 2 anak membuat case tema buah. Seru ya!